Prak 12 - Shape Tween [ANIMASI 2D]



Prak 12 - Shape Tween


1. Tujuan

Mengenalkan filtur baru dalam Adobe Flash agar memudahkan dalam pembuatan animasi

2. Alat

Adobe Flash Professional CS3+

3. Bahan

1. Adobe CS3
2. Niat dan beberapa tutorial

4. Dasar Teori

Shape Tween adalah fitur di Flash yang memungkinkan untuk mengubah suatu bentuk menjadi bentuk yang lain. Dengan Shape Tween kita bisa membuat animasi lingkaran menjadi kotak atau bentuk yang lain.
From Aravir (am I Physicist?)
Langkah pertama, buat Flash Document baru.
buat gambar kotak
From Aravir (am I Physicist?)
Klik-kanan frame 10, pilih Insert KeyFrame
From Aravir (am I Physicist?)
Hapus (tekan tombol del, tentu saja :) ), anda akan mendapati frame 10 menjadi kosong
From Aravir (am I Physicist?)
buat gambar elips (atau lingkaran)
From Aravir (am I Physicist?)
klik frame diantara frame 1 dan frame 10
From Aravir (am I Physicist?)
Pada properties, pilih Tween Shape
From Aravir (am I Physicist?)
Jalankan dengan menekan ctrl-Enter
From Aravir (am I Physicist?)
Anda bisa mengubah bentuk pada frame 10 sesuka hati, bahkan anda dapat mengganti warna dan menggabungkan benda dengan berbagai macam warna pada frame 10
From Aravir (am I Physicist?)
From Aravir (am I Physicist?)
 

5. Tugas Praktikum

Membuat logomotion

6. Petunjuk Praktikum

https://www.youtube.com/watch?v=svOrt6w55P4

7. Hasil Praktikum




8. Kesimpulan

  Setelah saya melakukan praktikum ke 12 ini dapat saya simpulkan bahwa membuat motion grafis yang saya anggap sulit sepertinya saya sudah tahu bagaimana caranya. yaitu dengan shape tween. Praktikum ini saya lakukan satu jam namun saya hanya berhasil membuat 2 logo dikarenakan saya masih meraba-raba dan mengeja penggunaan shape tween dan logo sperti apa yang ingin saya buat.

9. Referensi

http://fisika.um.ac.id/blog-pendidikan/97-shape-tween-di-flash.html

Komentar

Postingan Populer