Prak 15 – Animasi menggunakan Programming [ANIMASI 2D]

1. Tujuan
Mengenal bentuk lain pembuatan animasi. Yaitu pembuatan animasi menggunakan programming.
2. Alat
Adobe Flash Professional CS3+
(diuji di Flash CC)
3. Bahan
Flint Particle Engine
Download file tersebut kemudian extract. Ambil file “Flint2d_4.0.1.swc”
4. Dasar Teori
Membuat animasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan programming. Salah satu bentuk programming untuk membuat animasi adalah Particle System.
5. Tugas Praktikum
  1. 1. Lakukan petunjuk praktikum yang diberikan
  2. 2. Ubah posisi dari animasi tersebut
  3. 3. Ubah warna dari animasi tersebut
  4. 4. Ubah radius dari animasi tersebut
  5. 5. Ubah posisi animasi tersebut setiap kali muncul
6. Petunjuk Praktikum
1. Buat project ActionScript 3new_as3_project
2. Buka action window dengan menekan tombol “actions” pada panel di sebelah kanan
2. actions_window_button
3. actions_window
3. Salin kode berikut pada “actions” window
4. Sehingga “actions” window berisi kode seperti berikut
4. actions_window_filled
5. Buka “ActionScript Setting”
5. actionscript_settings_menuitem
6. Pilih tab “Library Path” klik icon “Browse to SWC”
6. library_path_and_browse_to_swc
7. Pilih file swc “Flint2d_4.0.1.swc”
7. insert_swc_file
8. Pastikan file swc tersebut muncul pada daftar
8. setelah_swc_ditambahkan
9.Tekan “OK” kemudian jalankan movie-nya (Test Movie, Ctrl + Enter)

7. Hasil Praktikum

1. Lakukan petunjuk praktikum yang diberikan
2. Ubah posisi dari animasi tersebut
    3. Ubah warna dari animasi tersebut
    4. Ubah 
    radius dari animasi tersebut
      5. Ubah posisi animasi tersebut setiap kali muncul

      8. Kesimpulan

      Pada praktikum kali ini saya dapat mengerti dan mengaplikasikan bahwa sebuah animasi dapat dibuat dari sebuah programming. Seperti yang dilakukan pada praktikum kali ini. Keceeee *_*

      9. Referensi

Komentar

Postingan Populer