[ANIMASI 3D] Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material



Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material


1. Tujuan

Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat

Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Time Lapse Assembler

3. Bahan

hasil praktikum sebelumnya. dengan logo yang berbeda. Sekarang saya menggunakan LOGO CHANEL

4. Dasar Teori

Perbedaan motion guide pada flash dan camera path : Motion guide adalah salah satu fasilitas dari flash yang digunakan untuk membuat animasi motion tween bergerak sesuai jalur (guide) yang telah kita buat. Hasil animasi motion guide ini selain halus (karena motion tween) juga lebih teratur karena animasi bergerak sesuai jalur yang kita buat. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path, merupakan teknik dimana yang semula anda hanya dapat melihat melihat
hanya dari sisi depan saja, namun pada teknik camera path ini akan membantu anda untuk melihat objek dari segi yang anda inginkan sesuai dengan alur yang telah anda buat
     Perbedaan Physical Sky dan Area Light adalah, dalam physical sky kita dapat mengubah latar warna dengan menentukan waktu yang kita inginkan sesuai dengan warna langit pada jam tesebut. Sedangkan Area Light digunakan untuk menamoilkan perbedaan area gelap terang suatu.
    Material dalam praktikum ini bisa disebut pemberian warna, penggunaannya untuk memberikan warna pada logo tersebut

5. Tugas Praktikum

Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
  1. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
  2. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. Petunjuk Praktikum

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
  1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.
  2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
  3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
  4. Menambahkan Material

7. Hasil Praktikum







8. Kesimpulan

Pada praktikum hari ini, Jumat 11 Maret 2016 saya melanjutkan praktikum kemarin namun dengan logo baru, bukan logo PENS seperti praktikum sebelumnya. Karena kata bapak harus pake logo selain logo PENS. Kesulitan saya saat mengatur kamera untuk selanjutnya saya mnegikuti instruksi tutorial dengan mudah

9. Referensi

Logo Animation in Cinema 4D and After Effects
http://www.mohhasbias.com/prak-02-camera-path-lighting-and-material/
http://warungflash.com/2009/01/motion-guide/

Komentar

Postingan Populer