Prak 08 – Membuat Material Mirip Lampu Stadion [ANIMASI 3D]

Prak 08 – Membuat Material Mirip Lampu Stadion 


1. Tujuan

Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion.

2. Alat

Cinema 4D R16

3. Bahan

tanpa bahan


4. Dasar Teori

Bump map pada material setting di Cinema 4D merupakan gambar hitam putih dari material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah adalah bagian yang timbul sedangkan bagian yang gelap akan masuk kedalam.

Channel Color disini berfungsi untuk mengatur warna dasar pada material sesuai yang kita inginkan tanpa terpengaruh pada pencahayaan.

Channel Reflectance di Cinema 4D menggabungkan refleksi dan specular properti untuk menentukan bagaimana cahaya dan lingkungan berinteraksi dengan materi.

Channel Luminance berfungsi untuk memungkinkan kita mengatur material yang dapat terlihat meskipun tidak ada satupun sumber cahaya karena material ini dapat memancarkan cahaya sendiri.

Texture Circles berfungsi untuk memungkinkan kita membuat tekstur bulat bulat dan dapat di setting sesuai yang kita inginkan. 

5. Tugas Praktikum

Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum

Membuat material mirip lampu stadion

7. Hasil Praktikum



















8. Kesimpulan


Pada praktikum ke delapan ini. Kita melanjutkan dari praktikum sebelumnya (praktikum tujuh) praktikum ini membuat material seperti lampu stadion. Untuk kendalanya alhamdulilah belum ada, tapi saya sepertinya harus belajar mengenai fungsi-fungsi dari tools di cinema 4d karena saya hanya mengikuti tutorial bapak, kemampuan saya tidak berkembang.

9. Referensi

http://www.tutorialsekecap.blogspot.co.id/2015/05/tutorial-menggunakan-bump-dan.html

https://cineversity.com/vidplaylist/the_reflectance_channel/reflectance_part_01


Komentar

Postingan Populer