Prak 1 – Mengenal Tampilan Adobe Flash Professional [ANIMASI 2D]
Prak 1 – Mengenal Tampilan
Adobe Flash Professional
1.Tujuan
Mengenal lebih dekat tentang
bagian-bagian dan fungsi dari Adobe Flash Professional sehingga memudahkan kita
dalam praktikum animasi nantinya.
2.Dasar Teori
Adobe Flash merupakan sebuah
perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah animasi 2D. Animasi yang bisa
dibuat dengan adobe flash itu banyak sekali, Anda bisa membuat film animasi 2D,
media pembelajaran, company profile, website berbasis flash, banner ads, bahkan
anda juga dapat membuat game dengan menggunakan adobe flash ini.
3.Tugas Praktikum
Identifikasi masing-masing bagian
user interface berikut
4.Hasil Praktikum
1. Title tab
Pada tab ini berisi nama file-file yang sedang dibuka
Pada tab ini berisi nama file-file yang sedang dibuka
2. Workspace Switcher
Dropdown ini berfungsi untuk mengganti layout tampilan flash secara keseluruhan
Dropdown ini berfungsi untuk mengganti layout tampilan flash secara keseluruhan
3. Scene, Symbol, Zoom
Tombol-tombol ini berguna untuk manajemen scene, dan symbol serta untuk mengatur zoom level
Tombol-tombol ini berguna untuk manajemen scene, dan symbol serta untuk mengatur zoom level
4. Tab switcher untuk panel (Properties/Library)
Ini adalah tab switcher untuk mengganti panel yang aktif antara panel properties dan panel library
Ini adalah tab switcher untuk mengganti panel yang aktif antara panel properties dan panel library
5. Stage
Lembar
kerja yang digunakan untuk membuat atau mendesain objek yang akan dianimasikan.
Objek yang dibuat dalam lembar kerja dapat berupa objek vektor, movie clip, text, button atau yang lainnya.
6. Tool Pallete
Ini adalah kumpulan panel-panel yang berbentuk pallete digunakan untuk memberi warna pada objek dan mengatur komposisi warna pada objek yang akan dibuat.
Ini adalah kumpulan panel-panel yang berbentuk pallete digunakan untuk memberi warna pada objek dan mengatur komposisi warna pada objek yang akan dibuat.
7. Properties Panel
Panel
properties berguna untuk menampilkan parameter dari sebuah tombol yang terpilih
sehingga anda dapat memodifikasi dan memaksimalkan fungsi dari tombol tersebut.
Panel properties akan menampilkan parameter sesuai dengan tombol yang dipilih.
8. Toolbox
Beragam
piranti untuk menyeleksi, menggambar, memberinwarna, memodifikasi objek hingga
mengatur ukuran tampilan stage.
9. Timeline
Timeline
berguna untuk menentukan durasi animasi, jumlah layer, Frame, menempatkan
script dan beberapa keperluan animasi lainnya. Semua bentuk animasi yang kita
buat akan diatur dan ditempatkan pada layer dalam timeline.
5. Kesimpulan
Setelah
saya selesai melakukan praktikum dan mencari tahu apa saja bagian-bagian dalam
adobe flash saya mengerti beberapa interface yang ada di adobe flash sehingga
nantinya dapat memudahkan saya untuk praktikum selanjutnya.
Komentar
Posting Komentar