Prak 1 – Mengenal Tampilan Adobe Flash Professional [ANIMASI 2D]




 

Prak 1 – Mengenal Tampilan Adobe Flash Professional

1.Tujuan

                Mengenal lebih dekat tentang bagian-bagian dan fungsi dari Adobe Flash Professional sehingga memudahkan kita dalam praktikum animasi nantinya.

2.Dasar Teori

                Adobe Flash merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah animasi 2D. Animasi yang bisa dibuat dengan adobe flash itu banyak sekali, Anda bisa membuat film animasi 2D, media pembelajaran, company profile, website berbasis flash, banner ads, bahkan anda juga dapat membuat game dengan menggunakan adobe flash ini.

3.Tugas Praktikum

                Identifikasi masing-masing bagian user interface berikut

4.Hasil Praktikum

 

1.  Title tab
Pada tab ini berisi nama file-file yang sedang dibuka

2. Workspace Switcher
Dropdown ini berfungsi untuk mengganti layout tampilan flash secara keseluruhan 

3. Scene, Symbol, Zoom
Tombol-tombol ini berguna untuk manajemen scene, dan symbol serta untuk mengatur zoom level 

4. Tab switcher untuk panel (Properties/Library)
Ini adalah tab switcher untuk mengganti panel yang aktif antara panel properties dan panel library

5.  Stage
Lembar kerja yang digunakan untuk membuat atau mendesain objek yang akan dianimasikan. Objek yang dibuat dalam lembar kerja dapat berupa objek vektor, movie clip, text, button atau yang lainnya.

6. Tool Pallete
Ini adalah kumpulan panel-panel yang berbentuk pallete digunakan untuk memberi warna pada objek dan mengatur komposisi warna pada objek yang akan dibuat. 

7. Properties Panel
Panel properties berguna untuk menampilkan parameter dari sebuah tombol yang terpilih sehingga anda dapat memodifikasi dan memaksimalkan fungsi dari tombol tersebut. Panel properties akan menampilkan parameter sesuai dengan tombol yang dipilih.

8. Toolbox
Beragam piranti untuk menyeleksi, menggambar, memberinwarna, memodifikasi objek hingga mengatur ukuran tampilan stage.

9. Timeline
Timeline berguna untuk menentukan durasi animasi, jumlah layer, Frame, menempatkan script dan beberapa keperluan animasi lainnya. Semua bentuk animasi yang kita buat akan diatur dan ditempatkan pada layer dalam timeline.

5. Kesimpulan

Setelah saya selesai melakukan praktikum dan mencari tahu apa saja bagian-bagian dalam adobe flash saya mengerti beberapa interface yang ada di adobe flash sehingga nantinya dapat memudahkan saya untuk praktikum selanjutnya.

6. Referensi

                2. http://www.mohhasbias.com/

Komentar

Postingan Populer