Prak 09 – Membuat Aset Sekunder (Capsule) [ANIMASI 3D]

Prak 09 – Membuat Aset Sekunder (Capsule) 


1. Tujuan

Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.

2. Alat

Cinema 4D R16

3. Bahan

tanpa bahan


4. Dasar Teori

Polygon, adalah bidang persegi banyak pada permukaan objek  yang dibatasi oleh beberapa edge. Polygon sendiri adalah element  tertinggi dari sebuah objek mesh. Polygon merupakan sub-objek  yang dibentuk dari rangkaian vertex, edge, dan face. Sebuah  polygon dapat berbentuk segitiga, segiempat, segilima, dan  seterusnya.

Polygonal Modeling, merupakan modeling yang terdiri darivertices(vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuahedge(garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah face (bidang). Bidang yang dibentuk oleh vertex,edges maupun face ini salah satunya adalah primitive objek yang juga termasuk dalam teknik pemodelan

Subdivision Surface merupakan teknik yang pertama dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernamasculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital.

Tool dalam Cinema 4D yang bernama “Smooth Shift” digunakan untuk memperhalus path

5. Tugas Praktikum

Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum

Target Aset yang akan dibuat


Membuat bentuk polygon dasar



Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface



7. Hasil Praktikum



8. Kesimpulan


Pada praktikum sembilan ini saya mengalami kendala diantaranya, salah dalam meyeleksi garis atau kotak (part) jadi terkadang hal hal yang gak perlu ditarik jadi ikutan ketarik. Lalu kurang rapi dalam pengerjannya. Sehingga hasilnya kurang maksimal

9. Referensi

Komentar

Postingan Populer