Prak 10 – Membuat Aset Sekunder (Capsule) (Part 2) [ANIMASI 3D]

Prak 10 – Membuat Aset Sekunder (Capsule) (Part 2) 


1. Tujuan

Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh kombinasi kreatif antara cloner dan spline wrap.

2. Alat

Cinema 4D R16

3. Bahan

tanpa bahan


4. Dasar Teori

Cloner biasanya disebut juga duplikat atau kembaran atau dapat dikatakan kita menggandakan objek yang kita buat. Jadi fungsi cloner sendiri adalah untuk mengcopy atau menggadakan objek utama yang akan kita gandakan. Kita tidak perlu menggambar lagi objek yang sudah kita buat jadi kita tinggal mengclonernya maka akan menjadi objek yang sangat banyak dan kita dapat menghemat waktu.

Spline Wrap adalah suatu menu pada cinema 4D yang membuat suatu lengkungan sehingga objek yang kita buat akan tertata mengikuti lengkungan yang sudah kita buat. Jadi fungsi dari spline wrap sendiri adalah menata objek yang sudah kita buat menjadi suatu bentuk lengkungan yang kita buat atau yang kita iginkan.

Cara menggunakan cloner untuk cloner yaitu kita harus mengaktifkan render istances agar kita dapat mengcloner objek yang sudah kita cloner. Pertama-tama kita buat objek utama lalu objek utama kita cloner . Setelah objek utama kita cloner, objek cloner itu akan menjadi sebuah objek, lalu cloner objek itu lagi, agar hasil cloner kedua yang sudah kita buat tampak atau ada kita harus mengaktifkan render instances pada cloner yang kedua.

5. Tugas Praktikum

Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan

6. Petunjuk Praktikum

Target Aset yang akan dibuat


Menduplikat object menggunakan cloner


Mengubah bentuk menggunakan spline wrap

Menduplikat cloner menggunakan cloner

7. Hasil Praktikum






8. Kesimpulan


Pada praktikum sepuluh ini kami mempelajari clone dan spline wrap. Dalam proses pengerjannya saya tidak merasa kesusahan karena video tutorialnya cukup jelas dan dapat dimengerti.

9. Referensi

Komentar

Postingan Populer